"I Love You EARTH"


Air Water

Kenali Air

Kenali Air

Air adalah zat yang sangat unik. Air tersusun atas 2 atom Hidrogen (H) dan 1 atom Oksigen (O) yang berikatan secara kovalen. Hal itu menyebabkan air memiliki rumus molekul H2O. Keunikan air terlihat pada wujudnya yang berbentuk cair. Padahal seharusnya, air berbentuk gas. Tidak hanya itu, air merupakan satu-satunya zat alami yang dapat ditemukan di bumi dalam bentuk 3 wujud, yakni padat (es), cair (air), dan gas (uap air). Dimana ketiganya menutupi hampir 71% dari wilayah permukaan bumi. Sebagian besar air terdapat di lautan dengan rasa yang asin (air laut). Sementara air tawar dapat ditemukan diberbagai tempat dan bentuk, seperti di sungai, danau, dan rawa (air permukaan), dalam tanah (air tanah), lautan es, gunung es, kutub, glasier, awan, hujan, dan uap air.

Di muka bumi, air merupakan zat dan sumber daya alam yang sangat-sangat penting dan mutlak diperlukan bagi kehidupan. Semua bentuk kehidupan yang ada dibumi ini sangat bergantung pada air. Tanpa kecuali, mulai dari manusia, hewan, maupun tumbuhan sangat membutuhkan air demi kelangsungan hidup mereka. Apalagi air merupakan unsur utama dalam tumbuhan, tubuh hewan dan tubuh manusia.

Air sebagai zat memiliki peranan yang sangat penting untuk adanya kehidupan. Air minum yg senantiasa kita konsumsi setiap hari, ternyata dapat memunculkan reaksi untuk tubuh kita melakukan replikasi DNA atau penggandaan DNA. Selain itu, air akan menjadi zat pelarut yang sangat penting dalam proses metabolisme tubuh. Air juga dibutuhkan dalam proses respirasi dan fotosintesis. Dimana kita tahu bahwa makhluk hidup tidak mungkin bisa hidup tanpa adanya respirasi, dan oksigen hanya bisa didapat dari hasil fotosintesis tumbuhan.

Air sebagai sumber daya alam tidak kalah penting dan bergunanya bagi manusia. Setiap hari manusia membutuhkan air bersih untuk digunakan dalam berbagai keperluan meliputi pertanian, industri, perikanan, sumber energi, sarana transportasi, tempat rekreasi, aktivitas lingkungan dan tentu saja keperluan rumah tangga seperti air minum, mandi, sanitasi, memasak, mencuci pakaian, lantai, mobil, makanan, dan hewan, berkebun bahkan untuk mengalirkan limbah lewat saluran pembuangan.

Melihat kegunaan air di atas yang sangat banyak dan tidak dapat digantikan dengan apapun membuat air menjadi sumber vital bagi kehidupan di dunia. Tanpa air, seluruh kehidupan di dunia ini pastilah akan hancur binasa. Bisa dibayangkan jika tak ada air di muka bumi, manusia, hewan, dan tumbuhan akan mati karena kehausan dan kekeringan. Oleh sebab itu, ketersediaan air di muka bumi ini sangatlah penting diperlukan oleh seluruh makhluk hidup. Saking pentingnya kita wajib menjaga dan melestarikan air, agar keberadaan air di muka bumi tidak habis ataupun hilang. Apalagi saat ini, jumlah air yang tersedia di bumi sudah semakin menipis. Hal tersebut dapat menjadi masalah besar yang akan berdampak parah pada kehidupan di dunia. Tidak hanya itu, kini banyak sekali masalah lain seputar air yang terjadi seperti krisis air, polusi air, kerusakan sumber air dan pemborosan penggunaan air yang juga akan sangat mengancam bagi masa depan kita dan anak cucu-cucu kita. Oleh karena itu sudah menjadi tanggung jawab dan tugas kita bersama sebagai manusia untuk dapat menyelamatkan air dari masalah tersebut. Dimana hal itu dapat dilakukan dengan cara pengenalan sejak dini akan pentingnya air bagi kehidupan agar tercipta rasa cinta dan kepedulian terhadap air sehingga kita dapat menyelamatkan air demi keselamatan masa depan.

Love Air

Cintai Air

Cintai Air

Rasa cinta terhadap air sangat diperlukan oleh setiap manusia, mengingat banyaknya masalah seputar air yang akhir-akhir ini melanda seluruh dunia. Krisis air atau kelangkaan air merupakan masalah no. 1 yang terjadi saat ini. Di banyak tempat di dunia termasuk Indonesia mengalami krisis air, baik air bersih maupun air minum. Salah satunya adalah kelangkaan air di NTT. Jumlah air yang tersedia di NTT sangatlah sedikit. Di tambah jarak waktu tempuh untuk menuju sumber air terdekat mencapai 45 menit. Belum lagi masalah penurunan kualitas air disana dan di beberapa tempat di Nusantara. Hal itu menyebabkan masyarakat tidak dapat menikmati air bersih untuk minum dan menjalankan aktivitas sehari-hari seperti mencuci, memasak, dan sanitasi. Akibatnya kebiasaan untuk berprilaku hidup bersih dan sehatpun tidak terwujud. Padahal air dan sanitasi merupakan pendukung tercapainya kualitas hidup yang baik dan kesehatan lingkungan. Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya krisis air. Selain karena topografi suatu daerah hingga membutuhkan sistem infrastruktur pasokan air bersih, kerusakan sumber air, polusi air, dan pemborosan penggunaan air juga menjadi faktor utama timbulnya krisis air.

Sumber daya air yakni air permukaan (sungai, danau dan air tanah) memiliki peranan penting dalam hal menjaga keseimbangan dan ketersediaan bahan baku air di alam. Rusaknya sumber air akan mengakibatkan terjadinya krisis air dimana-mana. Hal itu akan berdampak luas bagi seluruh umat manusia. Kerusakan sumber air umumnya dipicu oleh 3 hal berikut yakni kerusakan lahan, vegetasi, dan tekanan penduduk. Namun ada beberapa faktor lain yang juga menjadi penyebab timbulnya masalah ini, yaitu, meningkatnya populasi manusia, disertai pertumbuhan pemukiman penduduk dan industri yang pesat, menimbulkan kenaikan akan permintaan air bersih dan air tanah. Akibatnya kompetisi untuk mendapatkan air pun semakin meningkat, sehingga penyedotan air tanah pun dilakukan secara berlebihan. Hal tersebut menjadikan lapisan aquifer tanah menjadi habis yang berdampak pada penurunan lapisan tanah. Contohnya adalah amblasnya jalan RE Martadinata di Jakarta Utara.

Keberadaan sumber air tanah yang terbatas, ketergantungan akan pasokan air bersih dan air tanah yang tinggi mencapai 70%, serta penggunaan air yang boros, juga menyebabkan sumber air bersih dan air tanah terus berkurang dan habis. Contohnya adalah penggunaan air yang konsumtif dalam irigasi pertanian, dimana irigasi di suplai oleh air tanah dan diambil dalam jumlah yang tidak semestinya. Selain itu, polusi air yang terjadi menjadikan sumber air permukaan seperti sungai dan danau tidak dapat digunakan lagi untuk kebutuhan sehari-hari, karena kualitas air tersebut menurun. Hal itu menyebabkan sumber air permukaan menjadi rusak dan hilang.

Polusi air atau pencemaran air menjadi masalah lingkungan yang paling memprihatinkan di dunia. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah limbah pabrik, industri, dan rumah tangga yang dibuang seenaknya ke sungai atau air permukaan. Polusi air merupakan masalah yang tidak henti-hentinya dibicarakan di dunia. Di banyak tempat di dunia, kasus polusi air dapat ditemukan dengan mudah. Termasuk Indonesia. Berbagai cara, solusi dan penanganan sudah banyak dilakukan untuk menanggulangi masalah ini. Tapi tetap saja hal itu sangat sulit dilakukan. Rusaknya sumber air karena polusi air jelas akan mengakibatkan terjadinya krisis air bersih dan air minum, dimana hal ini akan sangat berdampak pada kelangsungan hidup manusia.

Begitu pula dengan masalah penggunaan air yang boros. Jika kita berlebihan dalam menggunakan air, konsekuensi yang akan diterima adalah terjadi krisis air di negeri ini. Perlu diketahui bahwa kebutuhan minimum air untuk negara berkembang Berkisar 50-60 liter/hari/jiwa. Dan 125-150 liter/hari/jiwa untuk negara maju. Jika dibandingkan dengan keberadaan air tawar di alam ini yang hanya 3% saja, dengan jumlah penduduk dunia yang terus meningkat, maka bukan tidak mungkin dunia ini akan mengalami krisis air di masa depan. Hal ini jelas tidak boleh terjadi. Oleh karena itu, melihat kondisi air yang sudah semakin parah dan sangat mengkhawatirkan ini, kita sebagai manusia sudah sepatutnya memiliki rasa cinta terhadap air. Karena dengan rasa cinta inilah kita dapat berkorban dan berjuang demi keselamatan air untuk masa depan.

save air

Selamatkan Air

Selamatkan Air

Selamatkan Yuk Air Kita!!, dengan menjalankan program 2 Cara Syair Kita !! Program 2 Cara Syair Kita (Selamatkan Yuk Air Kita !!) ini merupakan cara yang saya cetuskan untuk menyelamatkan air demi masa depan. Program ini mengambil konsep melakukan hal kecil mulai dari diri sendiri untuk memberikan pengaruh besar terhadap kelangsungan hidup umat manusia. Program 2 Cara Syair Kita !! Dapat dilakukan sbb :

Untuk Individu

1. Hemat! Ayo mulai detik ini kita terapkan prinsip hidup hemat dalam menggunakan air. Gunakanlah air sehemat dan sebijaksana mungkin dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, seperti mandi, mencuci, dan minum. Pada saat mandi sebaiknya jangan terlalu lama. Gunakanlah air sebutuhnya dan jangan di buang-buang. Kalau bisa gunakanlah air di bak pake gayung atau shower. Jangan menggunakan air yang mengalir. Begitu pula saat sikat gigi sebaiknya pake gayung saja. Kalau mau mencuci kendaraan jangan terlalu sering. Cucilah ia saat benar-benar kotor. Sementara air minum manfaatkanlah ia dengan bijak. Jangan pernah membuang air minum dengan sia-sia. Lakukanlah cara ini agar kita bisa berhemat. Karena dengan hemat kita telah menyelamatkan air dari krisis air.

2. Buanglah sampah ke tempatnya! Ingat! Jangan sekali-kali kita membuang sampah ke air atau sungai. Mulailah membudayakan cara buang sampah yang benar, yaitu ke tempat sampah. Dengan melakukan, ini kita telah menyelamatkan air dari polusi air.

Untuk Rumah Tangga

1. Hemat dalam sanitasi! Sanitasi memang sangat penting dalam urusan rumah tangga. Karena sanitasi sangat berperan penting dalam mencapai kesehatan lingkungan yang berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat. Tapi perlu diingat, sanitasi sangat berkaitan erat dalam hal penggunaan air. Oleh karena itu penting sekali dalam hal ini untuk tetap bisa menghemat air dalam bersanitasi. Langkah yang bisa dilakukan diantaranya adalah mengganti toilet siram dengan versi baru yang dapat menghemat penggunaan air sebesar 25%.

2. Mengelola limbah dan sampah rumah tangga dengan baik dan benar! Sebaiknya limbah rumah tangga tidak dialirkan ke sungai, melainkan dialirkan ke sebuah tempat khusus seperti septictank.

Untuk pemerintah

1. Menjalankan konservasi air atau penghematan air dan mendaur ulang SDA air merupakan kewajiban pemerintah dalam menjamin ketersediaan air untuk generasi masa depan.

2. Menerapkan sistem monitoring penggunaan air tanah untuk menjaga keberadaan dan ketersediaan SDA air tanah di masa depan.

Dengan melakukan program 2 Cara Syair Kita!! ini , Insya Allah kita telah turut membantu dalam menjaga, melestarikan, dan menyelamatkan air demi keselamatan masa depan. Amin Ya Allah Ya Robbal Alamin. Semoga apa yang saya berikan dalam artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua. Saatnya Kita Kenali Air, Cintai Air, dan Selamatkan Air Demi Keselamatan Masa Depan.

Tulisan ini dimuat untuk diikuti dalam Beat Blog Writing Contest “Green Your Mind!” Mohon dukungannya. Semoga saya menang. Amin.

Tulisan ini ditulis, disusun, diolah, dan dikembangkan dari beberapa sumber. Yakni : www.google.co.id, id.wikipedia.org, lifestyle.okezone.com, m.republika.co.id, dan www.himpalaunas.com. Sumber gambar dari www.google.co.id. Terima Kasih.

Baca Juga Artikel Ini : Air, Aku Cinta Kamu!!

Comments on: "Kenali, Cintai, & Selamatkan Air Demi Masa Depan" (5)

  1. [...] Baca Juga Artikel Ini : Kenali, Cintai, & Selamatkan Air Demi Masa Depan. [...]

  2. kenali air,.,.,
    salam kenal,.,.,
    jackdum.wordpress.com

  3. hasna sitti hanifa said:

    mantep!!! minjem yaa buat saya presentasi :D
    doain nanti menang =))
    ameen *wish

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: